Beranda > Internet > Cara Menghemat Space Dan Bandwidth Situs WordPress

Cara Menghemat Space Dan Bandwidth Situs WordPress


Tips optimasi situs wordpress menggunakan Hosting hemat efektif dan menghindari pemborosan space dan bandwidth.
Wordpress bukan merupakan CMS yang ramah sumber daya server. Pemeliharaan rutin dan optimasi diperlukan untuk mendapatkan hasil optimal dari sebuah blog WordPress. Dengan tips optimasi yang tepat kita dapat membuat blog WordPress irit  Space dan Bandwidth hosting serta loading lebih cepat.

  1. Theme – Optimasi WordPress dimulai dari tema blog Anda. Gambar-gambar besar, file flash, dan javascript di theme meningkatkan beban server. Pertama-tama kita harus menyadari bahwa kita berada di sebuah lingkungan server bersama dengan sumber daya terbatas. Tidak ada yang kembali ke situs kita hanya untuk melihat keindahannya, pertama konten yang baik dan bermanfaat, barulah  kedua kemudian dapat berpikir tentang keindahan. Pilih theme yang relatif ringan, kecepatan loading ringan dan ramah mesin pencari.
  2. Plugin – Sedapat mungkin minimalisir penggunaan plugin. Plugin seperti Related posts, SEO Link Smart (versi gratis) dll memperlambat situs dengan query database berat. Peningkatan query database yang pada gilirannya meningkatkan beban server dan mengambil sumber daya CPU yang lumayan besar.
  3. Cache – Menggunakan plugin cache yang cocok untuk cache halaman dinamis sehingga tidak mengambil dari database setiap saat. Hal ini akan mengurangi beban server dan kecepatan loading website kita. Konfigurasi plugin cache dengan benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kedua plugin sama-sama baik, selain dari caching plugin ini juga memfasilitasi kompresi CSS / Java Script , kompresi Gzip, dukungan CDN, kompresi RSS Feed dll
  4. Optimasi database MySQL – Database MySQL adalah jantung dari blog worpress, karena itu tidak perlu untuk menentukan seberapa pentingnya itu. Sewaktu-waktu, database dapat terfragmentasi dan berantakan akibat string asing yang dimasukkan. Oleh karena itu optimasi database secara berkala sangat penting untuk kinerja optimal. Beberapa plugin WordPress yang baik tersedia untuk melakukan tugas optimasi efektif. Dapat menggunakan Plugin WP DB Manager untuk mengambil backup database dan optimasi. Plugin ini memungkinkan kita untuk mengoptimalkan database, perbaikan database, backup database, restore database, menghapus database cadangan, drop / tabel kosong dan menjalankan query yang dipilih. Mendukung penjadwalan otomatis back up, mengoptimalkan dan memperbaiki database.
  5. Optimasi Gambar dan CDN – Tips optimasi gambar menggunakan Shared Image Hosting efektif dan menghindari suspensi akun. Gambar mengkonsumsi bandwidth yang cukup.  Jika salah satu posting di blog kita berisi banyak gambar dan mendapatkan jumlah lalu lintas yang baik, lebih dari 75% dari bandwidth yang dikonsumsi oleh posting yang mungkin karena gambar. Ada beberapa kelemahan hosting gambar di domain lain dalam hal SEO, namun dalam hal beban server dan kecepatan halaman, itu selalu lebih baik untuk host gambar untuk beberapa host lain. kita dapat menggunakan Picassa sendiri atau account Flicker untuk host gambar.
  6. Minimalkan Ukuran Gambar – Sejauh mungkin, cobalah untuk mengurangi ukuran gambar tanpa mengorbankan kualitas, untuk itu kita dapat menggunakan alat Smushit atau menggunakan Smushit plugin WordPress untuk mengurangi ukuran gambar. Jangan menggunakan GIF dan file BMP karena gambar jenis mengkonsumsi bandwidth besar.
  7. Aktifkan Cloudflare – Cloudflare menawarkan gratis serta layanan CDN yang berbayar, yang bekerja sebagai proxy antara server kita dan pengunjung. Cloudflare cache konten web kita ke server mereka dan memberikan kepada para pengunjung. Ini akan sangat mengurangi beban server dan pengunjung kita mendapatkan halaman dalam kecepatan tercepat. Ini adalah salah satu yang paling direkomendasikan CDN dengan fitur keamanan canggih dan spam filtering.
  8. Pencegahan Hotlink – Melindungi sumber daya situs kita dari Hotlink oleh situs lain. Hotlink adalah bila seseorang/sebuah situs menampilkan file/gambar kita dengan langsung mengambil sourcenya dari hosting kita, mereka tidak menyimpannya di server mereka sehingga server kita akan ikut bekerja saat halaman web tersebut dibuka. Gambar dapat terlihat di mesin pencari dan orang mungkin kita gambar langsung ke blog mereka dan jaringan sosial lainnya. Anda dapat menggunakan fitur pencegahan Hotlink  uang tersedia di Cpanel host anda atau tambahkan kode berikut dalam file .htaccess. Ganti url situs.
  9. Gunakan Layanan Gmail untuk Email
    Kita dapat menggunakan Google Apps Standard edisi untuk host layanan blog email. Kita dapat memiliki beberapa akun di layanan gratis ini. Selain menghemat ruang server dan bandwidth Kita mendapatkan Gmail account email pribadi bertenaga dengan penyaringan spam canggih. Seringkali blogger yang menggunakan email CPanel, yang lebih mudah untuk setup, tetapi dalam hal bandwidth dan penggunaan data, Gmail kustom dianjurkan.

source

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: